www.baimgo.com
Rabu, 02 Desember 2020
 
Pelayanan Satu Pintu
DPMPTSP Pekanbaru Memberikan Pelayanan Dengan Simolek dan One Day Service
Minggu, 30-07-2017 - 09:38:10 WIB
Model pelayanan pengurusan perizinan yang diberikan oleh Pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kepada masyarakat kota Pekanbaru.
TERKAIT:
 
 

PEKANBARU-Untuk meningkatkan nilai investasi di kota Pekanbaru, Pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa program SIMOLEK dan One Day Service. SIMOLEK adalah Sistem Manajamen Perizinan Mobile Eletronik yang merupakan sistem berbasis android untuk pengurusan perizinan di kota Pekanbaru.

Sebagaiman dikutip dari facebook.com/DpmPtspPekanbaru, dengan SIMOLEK masyarakat bisa mengajukan perizinan secara online, Tracking (melacak) permohonan perizinan, melihat informasi persyaratan perizinan, melihat informasi alur pelayanan, menghitung perkiraan retribusi izin gangguan, menyampaikan kritik saran atau pegaduan, dan kontak informasi.

Masyarakat dapat mendownload atau mengunduh SIMOLEK di google play dengan cara mengetik DPMPTSP Pekanbaru atau SIMOLEK kemudian menginstalnya. Setalah aplikasi diunduh, maka masyarakat dapat menggunakan pelayanan tersebut secara online.

Selain SIMOLEK, untuk meningkatkan pelayanan terpadu satu pintu, DPMPTSP Pekanbaru menggelar One Day Service (pelayanan satu hari) untuk masyarakat kota Pekanbaru yang ingin mengurus perizinannya. Kegiatan tersebut sudah pernah dilaksanakan di halaman kantor Walikota Pekanbaru, Kamis (6/7/2017) bertepatan pada sempena hari jadi kota Pekanbaru yang ke-233 tahun.

Kebijakan baru yang dinamakan One Day Service yakn bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat yang hendak melakukan perizinan yang bisa selesai dalam waktu sehari.

"Kebijakan ini kami lakukan hanya sehari saja. Jadi bagi masyarakat yang hendak mengurus segala perizinan bisa datang ke halaman kantor Walikota Pekanbaru," kata Kepala Dinas PMPTSP Pekanbaru, Muhammad Jamil.   

Dikatakan Jamil, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, DPMPTSP Pekanbaru menyediakan doorprize menarik yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat. Doorprize tersebut berupa sepeda, mesin cuci, kompor gas dan hadiah lainnya.   

Sama seperti tahun sebelumnya, ada beberapa perizinan yang bisa keluar pada pelayanan One Day Service, yakni seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Keterangan Perawat (SIKP), Surat Izin Kereranagan Bidan (SIKB), Surat Izin Prakter Dokter dan Spesialis, Surat Izin Angkutan Barang dan yang lain.   

"Yang jelas, program ini semata untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam proses perizinan. Dan masyarakat bisa merasakan cepat dan mudahnya proses pengurusan izin dalam waktu sehari," tukasnya.

Saat ini DPMPTSP Pekanbaru telah melayani pengurusan  Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) yang sebelumnya  merupakan wewenang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota pekanbaru.   

Menurut Sekretaris Dinas PUPR Erizal mengatakan,  saat ini di Dinas PUPR tidak ada melayani kepengurusan surat IUJK tersebut . "Ya sudah lama kita tak ada melayani terkait IUJK ini. Bagi masyarakat atau pun pengusaha yang ingin mengurusnya langsung datang saja ke DPMPTSP yang ada di kantor walikota. Sebab sudah kita serahkan kepada dinas tersebut. Jadi kepengurusan IUJK itu satu pintu, sehinga lebih mudah lagi, " ungkap Erizal.

Efek dari  kemudahan pelayan yang diberikan kepada masyarakat, sepanjang tahun 2017, DPMPTSP Kota Pekanbaru menyatakan total nilai investasi yang masuk ke Pekanbaru mencapai Rp4 Triliun.   

"Hingga semester pertama berakhir, tercatat total nilai investasi Rp4 triliun lebih investasi yang masuk ke Pekanbaru," kata Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Jumat (7/7/2017).   

Ia menyebut, investasi Rp4 triliun tersebut mayoritas berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA). "Tahun ini PMA lebih unggul sekitar 65 persen dibanding PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri)," ujarnya.   

Ditambahkan Jamil, nilai investasi terbesar berasal dari sebuah perusahaan konsorsium bergerak dibidang energi yakni PT Medco Energi Internasional Tbk.    

Total nilai investasi dari perusahaan tersebut mencapai Rp3,5 triliun, dengan rencana investasi di bidang pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Kecamatan Tenayan Raya.    

"Terbesar itu Medco, sebesar Rp3,5 triliun. (Investasi) sudah tercatat di BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dan sudah masuk ke nilai investasi kita," ucapnya.   

Jamil mengatakan tingginya minat investor untuk menanamkan modalnya di Kota Pekanbaru tersebut menunjukan Kota Bertuah itu cukup kondusif hingga menarik untuk dijadikan lokasi pengembangan usaha.    

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, total nilai investasi yang masuk ke Kota Pekanbaru meningkat cukup tajam. Tahun lalu, Pemko Pekanbaru berhasil menjaring investasi senilai Rp2,2 triliun.(adv- DPMPTSP-Kominfo)





 
Berita Lainnya :
  • DPMPTSP Pekanbaru Memberikan Pelayanan Dengan Simolek dan One Day Service
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Infotorial - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016 BaIM GO, All Rights Reserved