www.baimgo.com
Selasa, 09 Maret 2021
 
Koperasi Produsen Riau Pangan Lestari Untuk Keadilan Petani
Selasa, 23-02-2021 - 10:59:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Koperasi Produsen Riau Pangan Lestari Untuk Keadilan Petani
  •  

    Pekanbaru,- Untuk saat ini, sudah ada koperasi Produsen Riau Pangan Lestari, dengan tujuannya bisa membantu petani. Khususnya didalam hal membantu petani singkong di Riau.

    Diketahui, lahirnya koperasi ini karena didorong oleh rasa ketidak adilan petani atas hasil panen raya singkong. Sebab harga jualnya tidak sesuai dari harapan semula. Maka, dengan semangat ingin maju dan serta berkembang muncul ide mendirikan koperasi.

    Dengan didukung oleh beberapa orang sebagai penggagas, yang antara lain Ir. Hotman Sitompul, Dwi Agus Sumarno, Yosman Matondang, Warijo membuat pertemuan dengan membicarakan hal pembentukan koperasi. Pembentukan itu bertempat salah satu rumah warga di Jalan Rajawali Panam.

    Maka pada bulan Agustus ditahun 2020 lalu diadakan acara sosialisasi tentang Perkoperasian oleh Dinas Perindagkop dan UMKM Prov Riau yang diikuti oleh petani dan para penggagas. Berselang beberapa bulan kemudian, diadakanlah Rapat pembentukan koperasi.

    Tepat pada tanggal 24 Desember 2020, bertempat Balai Pelatihan dan Penyuluh Pertanian Marpoyan ini, digelar agenda pemilihan ketua dan menyusun jajaran Pengurus Koperasi serta menetapkan  nama. Maka didapatkan sebagai Ketua Ir. Hotman Sitompul, Pengawas DR Dwi Agus Sumarno. Dengan nama Koperasi Produsen Riau Pangan Lestari.

    Pendirian koperasi produsen ini sangat sejalan juga program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Sesuai yang diketahui, koperasi sudah menjadi Soko Guru Perekonomian Bangsa Indonesia.
    Yang juga berlandaskan Pancasila dan bersifat gotong royong.

    "Dengan sudah tersusun pengurus dan syarat-syarat lain. Seperti ada memiliki AD/ART, Visi dan Misi serta program kerja jangka pendek dan panjang. Maka pengurus terpilih juga mengajukan Akta Pendirian Koperasi kepada Notaris Citra Dina SH, MKn untuk dapat pengesahan pendirian Badan Hukum," kata Joni.

    Lebih lanjut kata dia, Koperasi Produsen Riau Pangan Lestari ini memiliki Badan Hukum yakni No.03 tanggal 10 Agustus 2020, dan pengesahan Kemenkumham dengan No AHU-0001992.AH.01.26.Tahun 2020.

    Pada hari Sabtu 6 Februari 2021, sebut  Joni, satu tahun setelah berdiri koperasi ini diwajibkan melakukan agenda Rapat Anggota Tahunan (RAT) sesuai dengan Permen Koperasi dan UKM No.19/PER/M-KUKM/IX/2015 tentang  penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi. 

    "Pendirian koperasi ini sangat sejalan dalam mendukung program pemerintah mengentaskan kemiskinan. Koperasi ini menyusun program kerja yang mengacu kepada program pemerintah. Baik pusat dan daerah. Yang diantaranya itu adalah Ketahanan Pangan," katanya. **Rls



     
    Berita Lainnya :
  • Koperasi Produsen Riau Pangan Lestari Untuk Keadilan Petani
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Infotorial - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016 BaIM GO, All Rights Reserved