www.baimgo.com
Rabu, 27 Mei 2020
 
Kaharudin: Kasek Jangan Memandai Menggunakan Anggaran Sekolah
Senin, 18-05-2020 - 22:43:27 WIB
Foto: Kaharudin, Kadisdik Riau.
TERKAIT:
 
  • Kaharudin: Kasek Jangan Memandai Menggunakan Anggaran Sekolah
  •  

    PEKANBARU--Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kaharudin, menghimbau kepada seluruh kepala sekolah (Kasek) baik SMA maupun SMK agar tidak memandai dalam menggunakan anggaran sekolah.

    Seperti halnya dana Alokasi Khusus (DAK) yang disalurkan pemerintah pusat ke rekening sekolah sudah sangat jelas peruntukannya. Hal ini untuk menghindari temuan-temuan dari pihak terkait yang berujung dalam perkara hukum.

    Mantan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) Provinsi Riau ini mengungkapkan kepada The Baim Post Senin (18/05/2020) siang menyebut dirinya banyak mendengar atau menemukan banyak pihak-pihak kepala sekolah yang terlalu berkreatif dalam melakukan pengadaan barang atau penggunaan anggaran untuk pembangunan. Walau itu maksudnya baik buat untuk memaksimalkan anggaran yang ada namun menurutnya bisa menjadi masalah dikemudian hari.

    'Ada banyak yang saya temukan kepala sekolah yang terlalu kreatif. Contoh dana DAK yang bersumber dari pusat, dia dapat anggaran dua ratus juta rupiah  untuk pembangunan dua unit toilet. Namun setelah berjalan ternyata anggaran yang terpakai cuma seratus lima puluh juta rupiah. Nah untuk menghabiskan anggaran itu dia berinisiatif untuk melebarkan salah satu ruangan kelas. Itu jelas salah, tidak ada itu, biar saja dana itu di balikkan ke kas negara jangan memandai lagi,' ujar Kaharudin serius.

    Tak hanya itu, untuk penggunaan dana BOSDA yang bersumber dari dari Anggaran Perencanaan Belanja Daerah Provinsi (APBDP), Kaharudin juga meminta semua harus sinkron dengan data rancangan di Dinas, sebab yang namanya aset harus sudah direncanakan sebelumnya dalam RKKAS. Contoh pembelian lap top,  meja dan kursi juga harus direncanakan setahun sebelumnya.  Tidak boleh dilalukan ditahun berjalan. Kecuali belanja barang jasa, seperti honor.

    'Intinya ikuti saja aturan. Kreatif boleh tapi jangan memandai. Gara-gara terlalu kreatif badan yang jadi binasa,' pesan Kaharudin mengakhiri.=RIS



     
    Berita Lainnya :
  • Kaharudin: Kasek Jangan Memandai Menggunakan Anggaran Sekolah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Infotorial - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016 BaIM GO, All Rights Reserved