www.baimgo.com
Selasa, 14 Juli 2020
 
Kampar Raih Juara II Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Riau dan Festival Pangan Lokal Tahun 2019
Selasa, 27-08-2019 - 22:10:15 WIB

TERKAIT:
 
  • Kampar Raih Juara II Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Riau dan Festival Pangan Lokal Tahun 2019
  •  

    PEKANBARU - Kabupaten Kampar berhasil meraih juara II lomba olahan pangan lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) pada acara Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Riau dan Festival Pangan Lokal Tahun 2019 di Gor Tribuana Pekanbaru, Selasa (27/08/2019).

    Trophy langsung serahkan oleh ibu gubernur Riau selaku ketua TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Provinsi Riau dan diterima langsung oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Juli Mastuty Yusri.

    Plh Bupati Kampar yang diwakili oleh staf ahli Bupati bidang pemerintahan dan hukum Ir Nurhasani MM mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar melalui Tim Penggerak PKK Kabupaten Kampar yang sudah berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan menu-menu pada lomba ini sehingga sehingga mampu meraih peringkat II tingkat Provinsi Riau.

    “Alhamdulillah, kita mampu meraih peringkat II tingkat Provinsi Riau pada lomba olahan pangan lokal pada acara Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Riau dan Festival Pangan Lokal Tahun 2019, serta apreasi dan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar serta TP PKK Kabupaten Kampar yang telah berupaya mengharumkan nama Kampar di tingkat Provinsi, kita harapkan kedepan kita tingkatkan lagi dengan meraih juara I.”ucap Nurhasani.


    Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Ir Cokroaminoto MM mengatakan kegiatan ini dapat mendorong percepatan penganekaragaman pangan, untuk itu perlu dilakukan secara fokus baik di sisi hulu maupun hilir. Dari sisi hulu dilakukan dengan peningkatan penyediaan berbagai jenis dan aneka ragam pangan, sehingga tidak tergantung hanya pada salah satu jenis bahan pangan saja.

    Sedangkan dari sisi hilir, strategi yang dilakukan meliputi pengembangan pengolahan pangan lokal berbasis industri rumah tangga, inovasi resep menu khas nusantara, serta kampanye atau gerakan sosialisasi dan promosi untuk merubah mindset masyarakat dalam pola konsumsi pangan.

    Selain itu, melalui lomba cipta menu, diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat tentang manfaat Pangan Lokal dan pentingnya pengenalan menu B2SA. Serta meningkatkan minat masyarakat tentang pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal. Muaranya, yakni ketahanan pangan nasional.

    Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kampar Juli Mastuty Yusri menerima trophy dan penghargaan mengatakan lomba cipta menu ini turut mendorong adanya kreasi dan inovasi olahan pangan lokal untuk konsumsi lokal anggota keluarga melalui pangan yang beragam.


    “Giat ini harus menghadirkan inovasi terbaru bagi olahan pangan sehat, yang nantinya dikonsumsi keluarga dan juga untuk terciptanya pangan lokal bergizi seimbang, aman dan menggugah selera untuk keluarga sehari-hari,”kata Juli

    Sebagai salah satu dari 10 program PKK lanjutnya, program ini menjadi prioritas utama karena dengan konsumsi pangan yang bermutu akan mendukung kesehatan keluarga. Maka akan memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berdaya saing.

    Juli berharap, dari agenda lomba cipta menu yang dilakukan secara rutin ini ada sisi edukasi untuk para ibu sebagai ujung tombak keluarga, Ketika diadakan lomba, akan lahir unsur estetis, edukatif soal inovasi olahan pangan yang bergizi, dengan penyajian yang menarik dan enak dirasa. Mudah-mudahan bisa menginspirasi seluruh keluarga.

    Di samping itu, akan muncul pula keanekaragaman produk makanan yang khas dari setiap daerah, ini harus bisa berdaya ekonomi bagi masyarakat sekitar, supaya dikenal ke daerah lain tentunya perlu bantuan berbagai pihak termasuk dari pemerintah daerah,jelasnya

    Acara lomba olahan pangan lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) pada acara Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Riau ini di buka oleh Wakil Gubernur Riau Brigadir Jenderal TNI (Purn.) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.I.P. dan dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi Riau Rosmiati Saleh Syamsuar dan ketua TP PKK Kabupaten/Kota di provinsi Riau serta ibu-ibu anggota PKK lainnya. (adv/humas)




     
    Berita Lainnya :
  • Kampar Raih Juara II Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Riau dan Festival Pangan Lokal Tahun 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Infotorial - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016 BaIM GO, All Rights Reserved